Jumat, 01 Januari 2016

Mekanisme Pertukaran Gas

Berbeda dari biasanya disini sobat galeri saya ajak bukan hanya belajar tentang mekanisme pertukarang gas tapi lebih menyeluruh karena respirasi saling berkesinambungan dengan sirkulasi darah, pada dasarnya proses pertukaran gas yang terjadi di Paru-Paru tepatnya di Alveoli melibatakan Hemoglobin yang terdapat dalam sel-sel darah merah, dan saat terjadi suplai oksigen ke dalam tubuh saat itu pula darah yang membawa sari-sari maknan juga mengedarkanya ke seluruh bagian tubuh kita. disimak ya!

(a) pernapasan ekternal (b)pernapasan internal
Pertukaran gas secara difusi. Proses yang pertama yaitu pertukaran O2 dari udara dalam alveolus dengan CO2 dalam kapiler darah yang disebut dengan pernapasan luar (pernapasan eksternal), sedangkan proses yang kedua adalah pertukaran O2 dari aliran darah dengan CO2 dari sel-sel jaringan tubuh yang disebut pernapasan dalam (pernapasan internal). Disini kita tidak akn membahas satu persatu pengelompokan pernapasan internal dan eksternal seperti pada materi pembelajaran di SMP maupun SMA tapi lebih kepada sobat galeri bisa memahami materi ini secara keseluruhan bagaimana proses pertukaran gas dalam tubuh kita terjadi.


PengangkutanO2
Pertukaran gas antara O2 dengan CO2 terjadi di dalam alveolus dan jaringan tubuh, melalui proses difusi. Oksigen yang sampai di alveolus akan berdifusi menembus selaput alveolus dan berikatan dengan haemoglobin (Hb) dalam darah yang disebut deoksigenasi dan menghasilkan senyawa oksihemoglobin (HbO) seperti reaksi berikut : 

Adapun tahapan proses pengikatan oksigen diatas adalah sebagai berikut :
  • Alveolus memiliki O2 lebih tinggi dari pada O2 di dalam darah.
  • O2 masuk ke dalam darah melalui difusi melewati membran alveolus
  • Di dalam darah, O2 sebagian besar (98%) diikat oleh Hb yang terdapat pada Eritrosit menjadi Oksihemoglobin (HbO2).
  • Selain diikat oleh Hb, sebagian kecil O2 larut di dalam plasma darah (2%).
  • Setelah berada di dalam darah, O2 kemudian masuk ke jantung melalui vena pulmonalis untuk diedarkan ke seluruh tubuh yang membutuhkan melalui jaringan sel untuk proses oksidasi.  
O2 yang sudah terikat pada hemoglobin dalam bentuk oksihemoglobin tadi diangkut menuju sel, dengan reaksi:

 O2 yang masuk ke dalam jaringan kemudian akan diberikan pada mitokondria (organela sel) untuk respirasi seluler. Dari respirasi selular itulah energi dihasilkan. Tetapi dalam peristiwa ini tidak hanya O2 saja yang diperlukan, melainkan juga makanan yg terlarut dalam darah.


PengangkutanCO2
Proses Oksidasi/ Pembakaran dalam sel akan menghasilkan CO2 sebagai hasil respirasi sel yang kemudian akan diangkut lewat kapiler vena darah menuju alveolus. CO2 dalam alvelous ini akan dikeluarkan lewat paru-paru. Pengangkutan C02 keluar tubuh umumnya berlangsung menurut reaksi kimia berikut:  



Adapun tahapan proses pengeluaran karbondioksida diatas adalah sebagai berikut :
  • Di jaringan, CO2 lebih tinggi dibandingkan yang ada di dalam darah. Ketika O2 di dalam darah berdifusi ke jaringan, maka CO2 di jaringan akan segera masuk ke dalam darah.
  • Ketika CO2 berada di dalam darah sebagian besar (70%) CO2 akan diubah menjadi ion bikarbonat(HCO3–)
  • 20% CO2 akan terikat oleh Hb pada Eritrosit. Sedangkan 10% CO2 lainnya larut dalam plasma darah.
  • Di dalam darah, CO2 di bawa ke jantung, kemudian oleh jantung CO2 dalam darah dipompa ke paru-paru melalui arteri pulmonalis.
  • Di paru-paru CO2 akan dikeluarkan dari tubuh melalui ekspirasi
dari tahapan diatas kita tau bahwa pengangkutan karbondioksida dapat dilakuakan dengan tiga cara.


Sisa dari oksegen, karbondiasida maupun sisa raksi pengikatan keduanya dari pertukaran tersebut terlarut di dalam plasma darah dan akan membentuk senyawa yang lainya, adapun komposisi darah adalah sebagai berikut
.
KOMPOSISI DARAH MANUSIA




Sumber

http://biologigonz.blogspot.com/2009/12/fisiologis-respirasi.html  diakses tanggal 4 Mei 2011
http://biologigonz.blogspot.com/2009/12/pertukaran-o2-dan-co2.html diakses tanggal 4 Mei 2011
http://sudarnihimbio.blogspot.com/ diakses tanggal 4 Mei 2011
http://nursecerdas.wordpress.com/2008/12/20/kebutuhan-oksigenasi/ diakses tanggal 4 Mei 2011
http://www.materisekolah.com/proses-pertukaran-oksigen-dan-karbondioksida/ diakses tanggal 11/7/2013


Share on :

Tidak ada komentar :