Selasa, 17 Mei 2016

Menjahit " OTODIDAK"

Sebelum saya menulis,
 dear mas hendra black
 saya sudah selesai pelunasan bulan april sekarang menginjak mei hehe bentar lagi kelar istirahatin otak dlu ya
 thanks

menjahit otodidak, helo galeries kalo belajar menjahit otodidak seperti saya pastinya ada beberapa tahapan, dan yang ini masuk di tahap 'EMPAT" dari 
1. Kelengkapan Alat Jahit
2. Membuat Pola
3. Memotong Pola
4. Menjahit Pola

Kempat yaitu Menjahit Pola, bagi saya yang tidak mengikuti kursus menjahit yang paling utama, saya harus punya yang namanya mesin jahit. Seperti halnya kita belajar komputer misal kita tidak mengerti apa-apa tentang word, excel, youtube, tapi setelah kita punya leptop atau komputer sendiri, mau tidak mau kita akan belajar dengan sendirinya, asal mau mencoba bertanya dan pastinya membaca.

Al hasil, aku sempetin aja jalan-jalan dan mampir deh ke toko mesin jahit di Jl. Sangaji Yogyakarta beli mesin jahit merek Butterfly JH8530A untuk mesin jahit ini aku gak recomended ya, cz iyu saya sesuaikan dengan budget yang ada, mimpi sih lama pengen punya dan bisa, masalahnya sih aku kerja dari pagi sampai malem, niat nya sih pengen kursus tapi lum kesampaian, yg dipikiran aku
1. biaya khursus untuk program pemula 2,5 juta 3 bulan dan ada 3 program sampai mahir, totalin deh
2. belum termasuk biaya bahan dan beli mesin jahit
3. mesin jahit 1.5-3.5 juta untuk satu jenis mesin jahit saja. blum mesin obras.
4. waktu luang yang cuma hari sabtu minggu, belu termasuk capek-capek. 
itu aja dah butuh uang 5 juta di awal, dan belum da waktu buat bener-bener fokus, takutnya cuma ngabisi duit. ups... jadi curhat deh. balik lagi ke tema yuk gaes.

Mengenal Mesin Jahit
kenal in dulu mesin jahit yang kamu punya kalo perlu cari diinternet tutorial mesin jahit kamu, dan ingat jangan hanya satu tutorial cz biasanya satu tutorial gak bisa menjawab seribu pertanyaan dari kita, info aja saya butuh 3 tutorial untuk paham betul, misalnya yang penting menurut saya dari ketiganya yg saya peroleh
  1. untuk pemasangan benang untuk model mesin jahit portabel ini, pastikan jarum berada di posisi teratas. 
  2. untuk mengubah model jahit seperi zig-zag dll, pastikan juga sepatu jahit dan jarum berada diatas, karena jika jarum dibawah rentan untuk patah.
  3. ada satu komponen dari mesin jahit yang tidak perlu diubah-ubah karena udah dari pabriknya ckckc 
  4. setiap ganti sepatu jahit, pastikan rumus anda benar. 

  

udah paham mesin jahit kamu sekarang paham i juga ternyata mesin jahit punya yang namanya sepatu jahit
sepatu ini ada banyak variasi, dan memiliki fungsi yang berbeda yang mempermudahkan kita. Sepatu jahit Standar untuk menjahit biasa itu pasti wajib ada untuk setiap pembelian mesin jahit, nah kalo dibawah ini ada beberapa tipe sepatu

Sepatu Kerut


Sepatu Kelim




Dari semuanya paling tidak kamu harus punya, sepatu kelim atau neci, sepatu obras untuk model mesin jahit semi obras seperti saya itu pun kalo kalian belum punya mesin obras, sepatu membuat kancing baju dan sepatu resleting. Pengalaman pertama saya menjahit, meskipun sudah saya baca semua teorinya, ternyata praktik jauh berbeda, pertama mencoba dalam waktu dua hari saya mematahkan dua jarum jait ckckck. makanya kalian harus lebih banyak praktik daripada teori, kuncinya sih sabar dan teliti. yg masih kurang sabar, belajar sabar terus ya.

Dalam menjahit yang paling utama siapkan sebanyak-banyaknya jarum pentul, tusuk aja jarum pentul kain yang akan kamu jahit, kalo masih kurang sabar, kamu delujur in alias kamu jahit pakek tangan dulu dengan kerapatan renggang, baru deh kamu jahit, baru yang tidak perlu kamu dedel pakek pendedel, biar rapi lagi kalo perlu kamu setrika.

Jika sudah mari kita muai dengan TAHAPAN MENJAHIT nesx post ya tunggu part 2
to be contenue
Share on :

Tidak ada komentar :