Rabu, 08 Juni 2016

MEMBUAT MS WORD TAMPIL DENGAN PORTRAID DAN LANDSCAPE DALAM SATU FILE

Hay, gaes,,,alias galeries,,,, ckckck sok sokan lagi, just info ini blog sesuai pengalaman aja ya, semua kegiatan yang gak penting penting lumayan penting harus disave biar gak lupa, jadi intinya ku buat blog ini untuk menampung ingatan dan kegiatan saya, sukur-sukur bisa buat ngajarin ank cucu cicit kita, kamu udah punya blog belum gaes????.cerita sediki ya hari ini saya ingin melamar pekerjaan sebagai "pengajar" gini-gini saya lulusan sarjana pendidikan lo ya, dengan ipk 3,5+ckckkc sombong dikit lah. akan tetapi nyasar di perusahaan #gubrak
nah masalahnya saya binggung, padahal ini hal sepele, saya tidak tau caranya membuat MS. Word tampil dengan menampilkan posisi kertas portraid dan Landscape/mendatar dalam satu file secara bersamaan, yuks belajar sama aku." hal kecil itu jga harus dipelajari lo, dengerin no kata bu guru dewibios"

Menampilkan kertas Portraid dan Landscape secara bersaamaan dalam satu file
  • Buka Ms Word yang ingin kamu buat, untuk halaman pertama ingin kalian buat mendatar, atur aja dulu mendatar/ Landscape, semua halaman akan otomatis Landscape.
  • Kedua, kamu ingin  halaman kamu memanjang Portraid,letakan saja kursos pada halaman yang ingin kamu buat portraid,kemudian KLIK PAGE LAYOUT seperti pada gambar,
  • Pilih Breaks
  • Klik Next Page Alias halaman selanjutnya, perhatikan gambar
    dewibios
    • Klik "Orientation"
    • Selanjutnya pilih "Portraid"

    dewibios
    seperti terlihat di atas halaman pertama Landscape dan halaman selanjutnya Portraid tinggal save deh, begitu pula sebaliknya


    tara tara tara jadi ya, sekarang saya mau ubah Ms Word ini kedalam bentuk PDF, jadi biar aman, cantik buat nanti di email, kalo kamu belum tau caranya juga bisa KLIK DISINI


Selasa, 17 Mei 2016

Menjahit " OTODIDAK"

Sebelum saya menulis,
 dear mas hendra black
 saya sudah selesai pelunasan bulan april sekarang menginjak mei hehe bentar lagi kelar istirahatin otak dlu ya
 thanks

menjahit otodidak, helo galeries kalo belajar menjahit otodidak seperti saya pastinya ada beberapa tahapan, dan yang ini masuk di tahap 'EMPAT" dari 
1. Kelengkapan Alat Jahit
2. Membuat Pola
3. Memotong Pola
4. Menjahit Pola

Kempat yaitu Menjahit Pola, bagi saya yang tidak mengikuti kursus menjahit yang paling utama, saya harus punya yang namanya mesin jahit. Seperti halnya kita belajar komputer misal kita tidak mengerti apa-apa tentang word, excel, youtube, tapi setelah kita punya leptop atau komputer sendiri, mau tidak mau kita akan belajar dengan sendirinya, asal mau mencoba bertanya dan pastinya membaca.

Al hasil, aku sempetin aja jalan-jalan dan mampir deh ke toko mesin jahit di Jl. Sangaji Yogyakarta beli mesin jahit merek Butterfly JH8530A untuk mesin jahit ini aku gak recomended ya, cz iyu saya sesuaikan dengan budget yang ada, mimpi sih lama pengen punya dan bisa, masalahnya sih aku kerja dari pagi sampai malem, niat nya sih pengen kursus tapi lum kesampaian, yg dipikiran aku
1. biaya khursus untuk program pemula 2,5 juta 3 bulan dan ada 3 program sampai mahir, totalin deh
2. belum termasuk biaya bahan dan beli mesin jahit
3. mesin jahit 1.5-3.5 juta untuk satu jenis mesin jahit saja. blum mesin obras.
4. waktu luang yang cuma hari sabtu minggu, belu termasuk capek-capek. 
itu aja dah butuh uang 5 juta di awal, dan belum da waktu buat bener-bener fokus, takutnya cuma ngabisi duit. ups... jadi curhat deh. balik lagi ke tema yuk gaes.

Mengenal Mesin Jahit
kenal in dulu mesin jahit yang kamu punya kalo perlu cari diinternet tutorial mesin jahit kamu, dan ingat jangan hanya satu tutorial cz biasanya satu tutorial gak bisa menjawab seribu pertanyaan dari kita, info aja saya butuh 3 tutorial untuk paham betul, misalnya yang penting menurut saya dari ketiganya yg saya peroleh
  1. untuk pemasangan benang untuk model mesin jahit portabel ini, pastikan jarum berada di posisi teratas. 
  2. untuk mengubah model jahit seperi zig-zag dll, pastikan juga sepatu jahit dan jarum berada diatas, karena jika jarum dibawah rentan untuk patah.
  3. ada satu komponen dari mesin jahit yang tidak perlu diubah-ubah karena udah dari pabriknya ckckc 
  4. setiap ganti sepatu jahit, pastikan rumus anda benar. 

   video

udah paham mesin jahit kamu sekarang paham i juga ternyata mesin jahit punya yang namanya sepatu jahit
sepatu ini ada banyak variasi, dan memiliki fungsi yang berbeda yang mempermudahkan kita. Sepatu jahit Standar untuk menjahit biasa itu pasti wajib ada untuk setiap pembelian mesin jahit, nah kalo dibawah ini ada beberapa tipe sepatu

Sepatu Kerut

video

Sepatu Kelim
video

video


video

Dari semuanya paling tidak kamu harus punya, sepatu kelim atau neci, sepatu obras untuk model mesin jahit semi obras seperti saya itu pun kalo kalian belum punya mesin obras, sepatu membuat kancing baju dan sepatu resleting. Pengalaman pertama saya menjahit, meskipun sudah saya baca semua teorinya, ternyata praktik jauh berbeda, pertama mencoba dalam waktu dua hari saya mematahkan dua jarum jait ckckck. makanya kalian harus lebih banyak praktik daripada teori, kuncinya sih sabar dan teliti. yg masih kurang sabar, belajar sabar terus ya.

Dalam menjahit yang paling utama siapkan sebanyak-banyaknya jarum pentul, tusuk aja jarum pentul kain yang akan kamu jahit, kalo masih kurang sabar, kamu delujur in alias kamu jahit pakek tangan dulu dengan kerapatan renggang, baru deh kamu jahit, baru yang tidak perlu kamu dedel pakek pendedel, biar rapi lagi kalo perlu kamu setrika.

Jika sudah mari kita muai dengan TAHAPAN MENJAHIT nesx post ya tunggu part 2
to be contenue

Kamis, 12 Mei 2016

sesi curhat "kata doi"

hari ini mau curhat umum, curhat kok di share, gara-gara liat tembok,
"tembok oh tembok kamu lebih indah dari pada aku punya cwo to yo",
cwo ku kali ini super duper nyebelin tingkat tinggi, khilaf kali ya kenapa bisa nyantol ma tu orang, kenapa nyebelin
1.jarang buka wa sms bbm gak kayak jaman2 pdkt gt.... hohoho mungkin itu namanya kagak cinto, ya udah ni 3 kali sudah minta bubaran aja, secara gue kn tipe anak setia yg punya moto satu-satu dlu baru nambah lagi ckckckkc kalo ditanya cinta gak sih?/ aku jga kagak tau, kenapa aku musti pusing dia cinta jga ma aku, karena selama ini aku belum bisa menemukan definisi cinta itu seperti apa??kamu tau???/

kata doi jangan karena cinta atau sayang tapi niatkan karna allah (batal lagi deh putusnya) #meriang

2.jarang tlfn mungkin bisa 1 th cuma 5x ckckcck anakanya gak bisa ngegombal... padahal pengen banget ni doi digombalin (cucian kali ya) alias gak suka drama2an

kata doi ngobrol seperlunya klo gombal tar aku kasih cucian

3.dewasa, ngeluh gak ada dalam kamus dia, jadi bisa ditebak jarang bgt curhat, klo g ditanya boro-boro deh.cuek abis..

kata doi, iya yank, aku perhatiin kamu, dan kata tingallah kata realisasi klo deket aja
 
4.terlalu sibuk cari duit, kerja terus pagi siang sore malem aku pul kerja aja dia msh kerja, libur boro2... masuk terus.... bete kan. moto dia "cinta tu g penting penting tu uang"
uang memang penting sih... tau aja dia mata ku aja ijo lok liat uang,,, cckckckck sampek sibuknya cari uang si doi gak pernah perhatiin penampilan, mang kata anak proyek,, baju seadanya, sendal seadanya tapi jangan salah, dompet atm semua cckckckckck. sama lah mirip ma kakak ku, dia anak arsitek alias kuli bangunan. dirinya aja mungkin gak diperhatiin, apalagi cwe nya. dah mulai kebal sekarang ckckckc #ngaku2. just look at the cover jangan lihat hanya dari penampilan je,, selama ini aku gak pernah liat cwo aku dari penampilanya liatlah dari isi dompetnya wkwkkwkwkwkw lebih tepatnya blum beruntung dapet cwo ganteng kali ya. karena menurut kebanyakan orang diluar sana, cowo ganteng dapet nya cewek jelek dan cewek jelek dapetnya cowok ganteng, klo tong sam cong bilang biar dunia ini jadi seimbang cckckckc

kata doi, yg penting tu bukan baju tapi uang, mg ada cewe yang mau sama cowo gak punya uang

5.Terlalu banyak teman, dikit-dikit "njagong" alias rumpi, dan kalo dah njagong jangan diganggu, pa lagi main catur bisa kehilangan fokus. dulu males banget punya cwo sering banget gangguin dikit-dikit sms dikit2 telfn sekarang buset kenak batunya ganti dicuekin abis. kita punya kebiasaan sama yaitu kalo lagi kerja gak perlu saling komunikasi. masalh y disini pak presiden ini pulangnya malem,,,

kata doi, bentar yo yank, masih sama teman, besok aja ya aku tlfn, yank masih dirumah paman besok aja ya aku tlfn, yank masih dijalana besok aja ya aku tlfn ( padahal barisan para mantan dan gebetan ku dah tlfn aja gmna gak bete abis)

5. cowok ku gak pernah pacaran. hohoho percaya gk ya... klo kamu parcaran ma dia kmu bakal boring banget ma dia, hahaha trus kenapa aku masih betah ya??????aku jga binggung mungkin udah 50 kali aku hapus no hp y kali hahaha kyk anak abg aja,, yg ada akunya diceramahin,, bagiku kalo dia ceramah tu dah kayak dengerin musik india ckckck gantiin gombal alias cucian , lebih baik diceramahin dari pada dijutekin. Kalo denger dia ceramah hem.... hati rasanya meriang ckckckckkc

kata doi dia munggkin gak beruntung gak pernah deket ma cewe, kata aku beruntunglah kan dapet aku ckckckc (meski w banyak mantan, pacaran pegangan tangan cuma pas nyebrang jalan ... biasa penganut pacaran syariah)

6.kalo aku bahas mantan, bukan nya dicemburuin yg ada diketawaain sama dimarahin. gak bisa ngungkapin isi hati kali ya,

kata doi,kamu tu dah gede udah pinter, udah bisa mikir sendiri ckckkckc cemburu apa marah itu

tembok oh tembok sampaikan padanya bawa duit yang banyak ckcckck



ILUS
dlu bagiku sama dg sekarang
semua berputar dan tak bertujuan
saat ku mulai percaya dan kugenggam tangan mu erat
ternyata itu hanya sesaat
itupun ilus yang masuk dan mengerogoti hati

berakhir sama
saat ucapan hanya tinggal ucapan
kata2 manis hanya ada dalam kata
tanpa kenyataan

bohong dan dibohongi
itulah kamus cinta duniawi yg kutahui
saat engkau mulai percaya dan megenggam impian bersama
tapi itu ilusi sebuah donggeng ibu peri

cerita mereka tampak indah
tapi bagiku ilusi
yg menusuk hati

garis tangan kita memang berbeda
mungkin itu yg menyebabkn kita berbeda cerita

anda inggin hidup selamanya
apakah aku sama?
tanpa seseorang yg memberimu tujuan dunia
bukan kah dunia itu hampa terasa
itulah sebabnya ada adam untuk hawa
tp kenapa kisah kita berbeda  

tak kulihat dirinya
ilusi nampak nyata
kemudian pergi tiba-tiba  
-ard-30/05/16

Selasa, 02 Februari 2016

TUM HI HO "HANYA KAMU" HINDI

 

Hum tere bin ab reh nahin sakte
Tere bina kyaa wajood meraa 2x

Aku tanpamu kini tak dapat hidup
tanpamu apalah artinya keberadaanku

Tujh se judaa gar ho jaayenge
To khud se hi ho jaayenge judaa

jika aku terpisah darimu
maka aku juga akan terpisah dari diriku

Kyonki tum hi ho
Ab tum hi ho
Karena hanya kamu
sekarang hanya kamu

Zindagi, ab tum hi ho
Chain bhi, meraa dard bhi
Meri aashiqui ab tum hi ho



kehidupanku kini hanya kamu seorang
ketenanganku juga rasa sakitku
cintaku sekarang adalah dirimu seorang

Teraa meraa rishtaa hai kaisaa
Ik pal door gawaaraa nahi
Bagaimana hubungan kita ini
aku tidak bisa jauh darimu walaupun untuk sesaat

Tere liye har roz hain jeete
Tujh ko diyaa meraa waqt sabhi
untukmu setiap hari aku bertahan hidup
semua waktuku hanya untukmu

Koi lamhaa meraa naa ho tere binaa
Har saans pe naam teraa



Tiada sedikitpun waktuku tanpa kehadiranmu
namamu ada di setiap hembusan nafasku

Kyonki tum hi ho
Ab tum hi ho
Karena hanya kamu
sekarang hanya kamu

Zindagi, ab tum hi ho
Chain bhi, meraa dard bhi
Meri aashiqui ab tum hi ho

kehidupanku kini hanya kamu seorang
ketenanganku juga rasa sakitku
cintaku sekarang adalah dirimu seorang

Tum Hi ho….Tum hi ho……
dirimu… dirimu….

Tere liye hi jiyaa main
Khud ko jo yoon de diya hai
Teri wafaa ne mujh ko sambhaalaa
Hidupku hanya untukmu
aku telah memberikan hidupku untukmu
kesetiaanmulah yang telah menjagaku

Saare ghamon ko dil se nikaala
Tere saath mera hai naseeb juDaa
Tujhe paa ke adhoora naa raha


menghapus seluruh duka dari dalam hatiku
bersamamu nasibku terjalin
setelah mendapatkanmu hidupku sempurna

Kyonki tum hi ho
Ab tum hi ho
Zindagi, ab tum hi ho
Karena hanya kamu
sekarang hanya kamu
kehidupanku kini hanya kamu seorang

Chain bhi, meraa dard bhi
Meri aashiqui ab tum hi ho


ketenanganku juga rasa sakitku
cintaku sekarang adalah dirimu seorang


Senin, 25 Januari 2016

System Ekskersi Ginjal Manusia



Kalo kita kemarin membahas tentang oksigen yang membantu proses metabolisme pembakaran makanan dalam tubuh hingga bisa diserap oleh tubuh, kali ini masih tentang tubuh Manusia. Tubuh Manusia tidak hanya menyerap zat-zat yang bermanfaat bagi tubuh, karena untuk menyeimbangkan cairan tubuh, secara otomatis zat yang tidak bermanfaat kadangkala akan disimpan terlebih dahulu atau akan dikeluarkn oleh tubuh begitu saja. Proses pengeluaran tersebut dibantu oleh beberapa organ misalnya kulit, ginjal, paru-paru dan juga hati yang semuanya bekerja bersama-sama yang kita kenal dengan sebutan system ekskresi. Kali ini kita akan membahas tentang salah satu Organ Ekskersi Manusia yaitu Ginjal

Ginjal Khususnya pada Manusia merupakan salah satu Organ Ekskersi yang berbentuk seperti kacang merah dengan diameter kira-kira 10 cm. Organ tersebut merupakan tempat dilaluinya darah, disini darah akan difilter atau sariang. Filter bertujuan untuk menyaring zat-zat yang masih bermanfaat dan sisanya akan dibuang oleh tubuh kita yang kita kenal dengan sebutan urine.



bagian-bagian ginjal #galerimageti

Sobat Galeri saya akan mengajak anda untuk mengetahui bagaimana sih,,, proses yang terjadi didalam Ginjal hingga akhirnya bisa keluar menjadi urine simak ya.

Ginjal Manusia

Darah Manusia yang terdiri dari sel darah dan plasma darah dalam bergerak  melewati pembulu arteri (darah Kotor) masuk ke salam Ginjal (pembulu warna merah), masuk melalui Kapsula Bowman dimana terdapat Glomelurus disitulah darah pertama kali di filtrasi. Baca ya selengkapnya



  • Filtrasi Darah
* Glomelurus 
Glomelurus yang terdapat di dalam Kapsula Bowman terdiri dari sel-sel padosit, sel inilah yang berfungsi sebagai filter, sel padosit permeabel (mudah dilewati) oleh air dan zat-zat terlarut kecil  lainnya, tapi tidak tertembus oleh sel darah dan protein plasma yang terlalu besar, dengan kata lain komponen dari plasma darah yang dapat difilter antara lain garam, glukosaa, vitamin dan limbah nitrogen seperti urea dan molekul kecil lainya. Semua zat yang lolos dalam proses ini kita di sebut dengan filtrate 
  • Reabsorpsi & Sekresi
*Tubulus Proksimal

Filtrat dari Glomelurus masuk  ke dalam tubulus peroksimal, disini terjadi transfor aktif dan pasif guna penyerapan zat terlarut sekaligus sekresi selektif untuk menyeimbanagkan pH , karena dalam penyerapan tetap harus memperhatikan homeostatis cairan dalam ginjal, perhatikan gambar dalam Tubulus Peroksimal
-sekresi  iom Hidrogen (H+) dan amoniak agar tidak terlalu asam.
-menyerap penyangga buffer bikarbonat penting HCO3+
-rabsorbsi Nutrien termasuk didalamnya glukosa asam amaino dan Kalium
-rabsorpsi Nacl dan H20 (Air ) yang secara Pasif mengikuti 
selanjutnya filtrat menuju salauran melengkung Lengkung Henle 

*Lengkung Henle 
Salauran Menurun Lengkung Hengle ini permeabel terhadap air, air yang keluar mengakibatkan konsentrasi filtarat garam meningkat (Gambar No.2) utamanaya area medula ginja,akan tetapai pada bagian menaik lengkung Henle permeabel terhadap Garam (Nacl), Garam keluar dalam cairan interstisial (Gambar No.3).

*Tubulus Distal
Seperti halnya Tubulus Peroksimal, Tubulus Distal juga tempat terjadinya raabsorpsi penyerapan kembali sekaligus sekresi liat Gamabar No.4 disana masih terjadi penyerapan NaCl penyangga Buffer air dan untuk penyeimbang cairan tubuh dilakukan sekresi iom Hidrogen (H+) dan Kalium (K+) 
  •  Ekskresi (Pengeluaran)
*Dutus Pengumpul
Saluran Duktus Pengumpul untuk ke dua kali memabawa filtrat menuju medula dan akhirnya berujung ke pelvis renal, sebelum sampai di Pelvis Renal, air lagi-lagi keluar karena epitelium pada saluran ini permeabel terhadap air, akan tetapi tidak terhadap NaCl. Hilangnya air kembali memekatkan filtrat, hingga pada bagian Dasar Duktus Pengumpul sebagian urea berdifusi keluar ke dalam cairan interstisial. Urea yang masuk dalam cairan interstisial kita sebut saja urea interstisial bersama NaCl mencapai osmolaritas yang tinggi, sekitar 1.200 mosm/L yang sangat hipertonik dibandingkan dengan darah, yang berkisar 300 mosm/L. Sebagai contoh Ikan Air Laut yang pernah kita bahas di postingan sebelumnya, Ikan Air Laut yang hidup di lingkungan yang Hipertonik untuk menghemat air ikan ini mengeluarkan ion-ion garam dan sejumlah kecil air. Begitu pula cara kerja ginjal dalam kondisi yang hipertonik dalam cairan interstisial adaptasi yang dilakaukan dengan mengekresiakan urine yang hipertonik dalam jumlah kecil dan melakukan menghemat air.

Sebagian besar Urea yang berada di Dasar Duktus Pengumpul dan zat-zat yang tidak berguna mengalir menuju Pelvis Renal kemudian Ureter hingga nantinya ditampung di Uretra.

Tujuan utama dari pada Ekskersi disini selaian mengeluarkan zat yang racun yang tidak bermanfaat untuk tubuh juga merupakan suatu bentuk proses adaptasi untuk menghemat ari dalam tubuh Manusia. Sekitar 1.100-2.000 L darah, ginjal Manusia memproses sekitar 180 L filtrat, dengan kemapuan adaptasinya ini ginja mengekresikan hanya sekitar 1,5 L urine. Bisa disimpulan sisa filtrat dan 99% Air diserap kembali oleh ginjal, dari cairan interstisial yang masuk dalam kapiler peritubuler masuk vasa recta ke pembulu vena (darah bersih)


halo gaes.... cara kerja ginjal sepertihalnya membersihkan lemari (cairan tubuh), pertama mengeluarkan isi lemari (filter) dan mengemalikan barang-barang yang bermanfaat (reabsorpsi) hingga menyortir barang-barangyang tidak disukain ke tempat lain (sekresi) dan yang terakhir membuang barang yang benar-benar tidak bermanfaat (Ekskresi)
 mengerti kan para mahasiswa muda. 

*selamat belajar dan jangan cuma copy, comment yang pentingg #galerimageti :-) 

sumber :
my favorite book thanks